Tuesday, November 1, 2011

Pengetahuan Dasar Fotografi

Sesuai namanya, fotografi merupakan karya seni rupa yang memanfaatkan cahaya dan pengolahannya. Maka dari itu, kemampuan melihat dan mengelola banyaknya cahaya merupakan indikator utama kesuksesan dalam fotografi. Aspek utama untuk dapat memperoleh kombinasi cahaya untuk menghasilkan hasil foto yang optimal adalah ISO, aperture, dan shutter speed. Apabila ketiga aspek tersebut sudah dikuasai sepenuhnya, maka menghasilkan hasil foto yang menarik bukanlah perkara sulit.
Salah satu contoh hasil foto dengan pencahayaan yang pas :




Hasil foto yang baik dapat ditentukan dari kondisi pencahayaannya. Hasil foto yang baik memiliki pencahayaan yang pas. Pengaturan pada ISO, aperture, dan shutter speed berguna untuk mendapatkan pencahayaan yang pas. Pencahayaan yang berlebih disebut over-exposure sementara pencahayaan yang kurang disebut under-exposure.

8 comments:

trus yg dimaksud exposure bias itu apa?

Kalo buat foto outdoor gitu sebenernya perlu pake flash nggasih? Apa udah cukup pake pencahayaan yg pas aja? *komen balik sbg teman yg baik._.*

kalo outdoor justru bagusnya pake flash. Namanya fill-in flash. jadi karena cahaya matahari itu terlalu kuat, bayangannya juga jadi terlalu kuat. nah buat ngisi bayangannya itu, pake flash. nanti insyaallah bakal gue tulis di post selanjutnya :)

*thanks gi komennya!

yang dimaksud exposure bias itu, kompensasi buat ngelebihin/ngurangin cahaya yang masuk ke sensor. kalo pake mode selain M, caranya tinggal puter dial nya aja. gunanya buat bikin hasil foto yang lebih terang/lebih gelap dari seharusnya

ISO itu singkatan dari apaan?

ISO itu singkatan dari International Standard Organization, atau nama resminya itu International Organization for Standardization. maksudnya, karena ISO itu adalah sensitivitas sensor, maka sensitivitas itu memiliki standar yang bener-bener jadi pedoman buat pembuat kamera yang berlaku internasional :)

Hmm jadi kalo misalkan ngga pake flash gitu nanti malah foto sejenis siluet gitu ya?

iya, jadinya objeknya malah item semua karena kena cahaya dari belakang (backlight). makanya pake flash dari depan supaya bayangannya yang item itu bisa terang lagi :)

Post a Comment